Tugas 1 PBO C

Nama : Dewangga Dharmawan

NRP : 05111940000029

Dosen : Fajar Wijaya


Tugas 1 PBO C

  • Belajar mengetik di www.typingclub.com
  • Program Hello World di BlueJ, yang memiliki IDE yang sama dengan Java

 

typingclub.com


Pada saat melakukan latihan mengetik di typingclub.com, saya menemukan bahwa saya tidak begitu lihai dalam mengetik kata yang tidak teratur (seperti saj, ieu, dan lkoik) dan simbol (mengingat jarang digunakannya simbol selain titik dan koma dalam sebuah paragraf. Lain halnya kalau dalam pemprograman).

Saya juga menemukan saya bisa melompati sekitar 400+ latihan langsung pada Advanced training melalui Placement Training (Walau saya sedikit tersengal saat pengetikan kata dengan simbol (seperti t#s@, sejujurnya kata seperti itu pantas menjadi sebuah password). Selain itu, selain latihan game, yang ada ninjanya, bukan badak (Itu cap Kaki Tiga), rata-rata akurasi dan kata per menit pengetikanku diatas 88% dan diantara 40 sampai 70 kata per menit.

Sebelum ini, dan beberapa bulan sebelum diterima di ITS, saya terbiasa mengetik, baik terjemahan dari suatu buku yang kubaca atau ide yang sirna dalam semalam. Saya membaca kata-kata tersebut di dalam kepalaku lalu mengetikannya di Microsoft Word (atau aplikasi lainnya).

Walaupun apa yang dikatakan di typingclub.com bahwa mata kita harus tidak boleh melihat keyboard, saya tidak setuju dengan hal tersebut karena untuk mengecek apakah kata-kata yang kita ketik sudah benar dan lebih akurat, saya perlu melihat posisi jariku. Selain itu, tidak setiap hari kita dihadapi suatu permasalahan yang memerlukan pengetikan sekali goresan. Yang kita hadapai justru akurasi dan waktu yang diperlukan untuk mengetik, yang mana kita bisa memperbaikinya, dengan mouse dan backspace, setelah kita selesai mengetik.

BlueJ


Sebelum BlueJ dan C/C++, saya pernah melakukan pemprograman dengan bahasa Batch, yang mana bisa dilakukan dengan menggunakan notepad di Windows dan di-save dengan akhiran .bat. Setelah saya diterima di Informatika ITS, pada semester pertama dan kedua, saya diajarkan cara menggunakan bahasa C/C++ pada pelajaran Dasar Pemograman dan Struktur Data. Hal yang kuketahui tentang C atau C++ bahwa jika ditempatkan dalam lingkaran Venn, bahasa C berada di dalam C++. Setelah beberapa praktikum yang lumayan sulit, saya menemukan bahwa ada beberapa fitur di C yang tidak ada di C++.

Dan baru semester ketiga, saya mengenal Java, atau turunannya, BlueJ. Saya mengenal seseorang di angkatanku yang, walau dia tidak begitu menanggapi pelajaran C, dia pandai dalam bahasa Java. Setelah beberapa search di Google, saya mencoba membuat program 'Hello, World!'. Setelah melihat sejarahnya, yang mana sebelumnya kuasumsikan merupakan tradisi pemprograman, program tersebut merupakan salah satu program tertua, program paling mendasar, dan program yang mengawali semuanya, tergantung bahasanya.

Dari apa yang kupelajari dari Dasar Pemprograman, setidaknya ada sistem compile dan run di setiap bahasa pemprograman. Yang kulakukan pertama kali adalah membuat project baru dengan nama 'Program_Pertama', lalu membuat class baru.

Setelah melihat lagi sourcecode pada blog milik dosen Fajar Baskoro, saya mencoba sourcecode tersebut, walaupun saya ingin menghapus beberapa line yang tidak begitu penting dalam program Hello, World. Setelah saya compile, saya lalu menekan new HaloDunia(), walau seharusnya menekan yang void, tapi tidak ada dalam pilihan, untuk meng-run program

Kelihatannya, programnya berhasil.


Sekian dari saya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 5 PBO C Tech Support System

Tugas 10 PBO C Text Editor

Tugas 3 PBO C Jam Masjid